top of page
  • Writer's pictureMICRA

Pelatihan Keberlanjutan 5 Tahun untuk Sumber Daya Lembaga Keuangan Mikro di Sumatera Barat

Updated: Nov 4, 2022


MICRA Indonesia (Microfinance Innovation Center for Resources and Alternatives) menyelenggarakan pelatihan perdana penguatan koperasi bekerjasama dengan Pusat Koperasi Syariah kota Padang Sumatera Barat (Puskopsyah). Pelatihan berlangsung selama 1 hari, pada Sabtu, 29 Oktober 2022 bertempat di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi Sumatera Barat dan dihadiri oleh 7 KSPPS di kota Padang yang telah berkomitmen untuk mengikuti Program Economic Resilience (ER) Indonesia. Kegiatan Pelatihan Keberlanjutan 5 Tahun Untuk Sumber Daya Lembaga Keuangan Mikro di Sumatera Barat juga dihadiri oleh Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat, Wakil Rektor II Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat.


Regional Manager Wilayah I Muhammad Hanafi mengatakan, "Keunikan dari program ini adalah adanya Program manajemen risiko bagi para anggota koperasi yang didukung oleh Asia Affinity Holding Limited perusahaan re-asuransi yang berpusat di Hongkong dan memiliki jaringan usaha di Asia. Asia Affinity tergerak untuk bekerjasama dengan MICRA Indonesia setelah melihat dampak langsung beberapa dampak bencana alam di Indonesia termasuk tsunami di Aceh dan terakhir gempa Palu 2018".


Program ER Indonesia diluncurkan sebagai upaya membangun kesadaran bagi para pelaku usaha di sektor ekonomi mikro, bahwa di Indonesia, termasuk di Sumatera Barat merupakan salah satu wilayah yang rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan banjir. Pelatihan keberlanjutan ini dilakukan setiap bulan selama 5 tahun dengan sistem belajar hybrid (luring & daring) dan kedepannya akan dikembangkan kelas untuk koperasi konvensional atas dukungan pemerintah provinsi Sumatera Barat. Harapannya Program ER Indonesia ini dapat menjangkau seluruh Lembaga Pendidikan serta Lembaga Keuangan Mikro di Sumatera Barat.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Bapak Zulkifli Azis selaku Ketua Puskopsyah kota Padang, Sumatera Barat. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pelatihan yang disampaikan oleh Bapak Asep Sudrajat, SH, MM selaku Loan & Investment Manager MICRA Indonesia serta merupakan Fasilitator Koperasi Syariah. Materi pelatihan yang berlangsung selama 1 hari ini mencakup “Pengantar Pelatihan & Kontrak Belajar”, “Pengantar Ekonomi Islam”, “Prinsip Akad dan Produk Koperasi Syariah”, dan “Cara Menerapkan Akad Syariah”.


Pelaksanaan pelatihan perdana penguatan koperasi bekerjasama dengan Puskopsyah kota Padang, Sumatera Barat ini mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari pada peserta, terbukti dari adanya interaksi yang aktif antara fasilitator dengan seluruh peserta, baik dalam proses tanya jawab maupun diskusi terhadap permasalahan yang dialami oleh peserta selama melaksanakan pekerjaannya. Acara diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Asep Sudrajat, SH, MM.

 

MICRA Indonesia merupakan partner Asia Affinity Holding Limited untuk implementasi program Economic Resilience (ER) Indonesia. Program ER Indonesia adalah program inisiatif mitigasi bencana berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dari setiap institusi yang terlibat. Untuk informasi lebih lanjut tentang program ER Indonesia klik disini atau email kami di info@micra-indo.org.

 

Penulis: Muhammad Hanafi, Rafiuddin Palinrungi

Editor: Andi Cintana Nurmilad

Foto oleh: Febrianto Irwan


37 views

Comments


bottom of page