top of page
  • Writer's pictureMICRA

MICRA dan KOMIDA Bergandengan Tangan untuk Meningkatkan Peluang Pembiayaan Pertanian Petani Kecil

Updated: Jun 1, 2023




15 Mei 2023 — Microfinance Innovation Center for Resources and Alternatives (MICRA) dan Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa (KOMIDA) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menandai dimulainya proyek Riset Pasar Produk Pinjaman Pertanian KOMIDA. Penandatanganan MoU yang diwakili oleh Direktur Eksekutif MICRA, Alfi Syahrin, dan Direktur Utama KOMIDA, Slamet Riyadi, S.E, M.M, memperkuat kerjasama antara kedua organisasi.

Peluncuran Riset Pasar proyek Produk Agri-Loan KOMIDA bertujuan untuk menyediakan produk pembiayaan pertanian yang dapat diakses dan fleksibel bagi petani kecil (petani swadaya), di samping layanan (non-)keuangan, untuk memenuhi kebutuhan modal mereka untuk produksi dan pembelian pasokan penting.

Fase awal proyek ini akan melibatkan studi riset pasar yang mendalam untuk memahami kebutuhan dan preferensi petani, mengeksplorasi layanan pengurangan risiko yang tersedia, menganalisis solusi pasar yang beragam, dan meninjau kerangka peraturan yang ada. Selain itu, penilaian menyeluruh terhadap fitur Dana Risiko KOMIDA akan dilakukan untuk mengoptimalkan manfaat klien sambil mengurangi eksposur KOMIDA.

MICRA, yayasan berfokus pada pengembangan keuangan mikro di Indonesia yang terkemuka sejak tahun 2006 dengan keahlian dalam melayani masyarakat yang terpinggirkan, membawa pengalaman yang luas di sektor inklusi keuangan dalam kerjasama ini. Dengan bermitra dengan KOMIDA, koperasi terkemuka yang dikenal dengan komitmennya untuk memberdayakan petani kecil, kedua organisasi ini bertujuan menggabungkan kekuatan mereka untuk mengatasi tantangan mendesak yang dihadapi oleh masyarakat pertanian.

"Kami sangat bersemangat untuk memulai perjalanan ini bersama KOMIDA, berbagi visi bersama kami untuk meningkatkan akses layanan keuangan dan peluang bagi petani yang kurang terlayani." kata Bapak Alfi Syahrin, Direktur Eksekutif MICRA tentang kemitraan tersebut, “Dengan memanfaatkan gabungan pengetahuan dan sumber daya kami, kami dapat merevolusi pembiayaan pertanian dan memberdayakan petani kecil untuk mencapai mata pencaharian yang berkelanjutan."

Kemitraan antara MICRA dan KOMIDA menjanjikan masa depan pembiayaan pertanian, yang bertujuan untuk menciptakan dampak dan mengubah kehidupan petani kecil. Dengan menggabungkan keahlian mereka, organisasi akan bekerja dengan gigih untuk membangun sektor pertanian yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

 

KOMIDA adalah koperasi simpan pinjam yang membantu perempuan berpenghasilan rendah melalui bantuan keuangan berupa simpan pinjam tanpa agunan, layanan non keuangan, motivasi pendidikan bagi anak anggota, pengelolaan keuangan keluarga, dan layanan berkualitas kepada anggota. Didirikan pada tahun 2004 sebagai Yayasan, KOMIDA mulai memberikan kredit mikro pada tahun 2005 kepada penduduk yang terkena dampak tsunami di provinsi Banda Aceh. Pada tahun 2008 KOMIDA meningkatkan jangkauannya ke lebih banyak wanita berpenghasilan rendah dan tersisih secara finansial.


24 views

Comments


bottom of page